MANFAAT DIGITAL MARKETING



Sekarang, kita semua telah masuk ke dalam era digital, dimana semua kegiatan bisa dilakukan dengan cara yang lebih canggih. Secara umum, era digital adalah suatu kondisi kehidupan atau zaman dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi. Bisa juga dikatakan bahwa era digital hadir untuk menggantikan beberapa teknologi masa lalu agar jadi lebih praktis dan modern. Perkembangan era digital juga terus berjalan tanpa bisa dihentikan. Karena sebenarnya masyarakat sendiri yang meminta dan menuntut segala sesuatu menjadi lebih praktis dan efisien. Era digital adalah masa dimana semua manusia dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun salng berjauhan. Kita dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu bahkan real time. enurut Wikipedia, era digital bisa juga disebut dengan globalisasi. Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya yang banyak disebabkan oleh kemajuan infrastruktur telekomunikasi, transportasi dan internet.

Di era globalisasi ini, sebagian besar kegiatan manusia mengandalkan teknologi untuk mempermudah kegiatannya, termasuk dalam berbisnis. Perusahaan, bisnis, startup, dan sebagainya banyak menggunakan sistem online dalam proses pemasarannya atau biasa disebut digital marketing. Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam berbagai aspek kehidupan masa kini, digital marketing menjadi semakin populer dan penting. Secara umum, Digital Marketing adalah segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital, terutama Internet, dan termasuk telepon seluler. Digital marketing, yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan dan brand menggunakan teknologi untuk pemasaran. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memasukkan pemasaran digital sebagai salah satu strategi pemasarannya, dan semakin banyaknya orang yang berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan dan semakin efisien. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Seperti yang kita ketahui, kini dunia sedang berhadapan dengan pandemi COVID-19, termasuk Indonesia. Seluruh sekolah dan kampus melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan perusahaan menerapkan work from home (WFH) bagi karyawannya. Pada masa pandemi COVID-19, semua hal dapat berjalan menggunakan media online dan semua hal mengandalkan teknologi dalam mobilisasinya. Digital marketing merupakan salah satu peluang dan kesempatan untuk para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital.

Menurut data pada Januari 2019, dari 268 juta penduduk yang ada di Indonesia, 150 juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet, dan keseluruhan dari pengguna internet ini sudah aktif menggunakan sosial media dengan 130 juta mengakses melalui mobile phone, yang artinya kebanyakan orang saat ini menggunakan smartphone. Dengan demikian, saat ini bayak pemasar menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya. Pada Januari 2020, terdapat 1,1% penambahan populasi, 4,6% penambahan pengguna smartphone, dan 8,1% penambahan pengguna aktif media sosial. Dengan adanya penambahan pengguna aktif media sosial yang lebih besar daripada penambahan populasi, harusnya hal ini dipandang sebagai peluang bagi entrepreneur, artinya hal ini bisa menjadi pertimbangan bahwa media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran, tidak melulu hanya memikirkan strategi-strategi konvensional. Orang sudah tidak lagi membaca brosur konvensional dengan baik, sehingga dengan menggunakan media-media konvensional sudah tidak cukup efektif dan efisien bagi perusahaan atau entrepreneur. Namun, akan lebih efektif letika sebuah iklan ditempatkan pada media-media digital seperti media sosial. Pada Januari 2019, dalam sehari, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktunya bermain gadget sekitar 8 jam per hari dan membuka media sosial sekitar 3 jam per hari.

Dengan fakta-fakta tersebut, para wirausahawan harus mulai sadar tentang pentingnya digital marketing. Digital marketing menjadi salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam melakukan promosi di era Revolusi Industri 4.0. Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya menyasar calon konsumen baru. Apabila konsumen ini tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan laku keras dan akan menambah pendapatan bagi perusahaan. Strategi marketing cara lama atau konvensional bisa saja menjangkau pangsa pasar tertentu. Akan lebih baik lagi bila menggunakan digital marketing, baik itu melalui website perusahaan, media sosial hingga melalui email marketing. Jangkauannya pun sangat luas. Tidak hanya menjangkau di daerah-daerah sekitar atau dalam negeri saja, bahkan dapat memperluas pangsa pasar di seluruh dunia. Namun perlu diingat, dalam memperluas pangsa pasar melalui digital marketing sebaiknya perlu membuat konten menarik dan tidak membosankan calon konsumen.

Ditambah lagi dengan fitur penunjang yang akan membuat digital marketing semakin efektif. Mengapa digital marketing itu penting, alasan utamanya adalah untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan cepat oleh perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan produk baru, bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen. Terlepas apakah hubungan tersebut dibangun melalui, email, platform media sosial hingga melalui nomor telepon yang digunakan konsumen tersebut. Di samping itu, perusahaan juga bisa menerapakan strategi omnichannel yakni memadukan digital marketing dengan cara konvensional. Dengan cara ini akan meningkatkan engagement konsumen hingga 89% berdasarkan riset yang dirilis oleh Invesp.

Digital marketing juga mampu melacak perilaku konsumen, dari sinilah Anda bisa melihat apa yang sedang trending dan paling dibutuhkan oleh konsumen. Untuk melacak bagaimana perilaku konsumen tersebut, perusahaan bisa menggunakan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Keberadaan AI ini memang memiliki kelebihan dalam mengolah data konsumen dalam jumlah besar sehingga bisa menciptakan tren pasar baru.

Riset yang dilakukan oleh eMarketer pada tahun 2016 lalu menunjukkan bahwa biaya digital marketing melampaui jumlah iklan yang ada di televisi. Memang, sebelumnya televisi dikenal sebagai media paling efektif untuk melakukan promosi produk dari sebuah perusahaan. Di samping itu, ada pula media lainnya seperti koran, majalah hingga reklame yang juga tidak kalah efektifnya. Akan tetapi jika dilihat kembali, jumlah pengeluaran untuk marketing melalui media-media konvensional tersebut cukup mahal. Anda harus membayar pajak yang tentu tidak sedikit dan perizinan yang cukup rumit. Berbeda halnya bila menggunakan digital marketing yang dinilai tidak mengeluarkan biaya besar namun hasilnya sangat efektif. Contohnya saja Anda bisa menggandeng agency untuk memasarkan produk perusahaan di ranah digital.

Digital Marketing kini yang sangat populer di dunia adalah pemasaran online lewat website dan media sosial karena teknik pemasaran ini memiliki nilai demokrasi karena memberikan keleluasaan waktu bagi target audience kita untuk membaca promosi kita. Bayangkan seringkali kita diberikan brosur di Mall-Mall dan karena kita belum membutuhkannya maka seringkali brosur itu kita buang sehingga terjadi pemborosan resource pada jenis pemasaran konvensional, demikian dengan pemasaran langsung door to door seringkali para sales menawarkan kita pada waktu yang kurang tepat, bahkan untuk pemasaran telemarketing seringkali kita menerima penawaran kartu kredit ataupun produk investasi pada waktu yang kurang tepat sehingga kita merasa terganggu.

Maka, digital marketing sangat perlu dilakukan oleh para wirausahawan karena begitu penting dan banyak manfaatnya serta memiliki peluang yang sangat besar di era globalisasi ini.

Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta
Artikel telah diposting di dunia kampus 4.0 - https://www.duniakampus40.net

Image sources from Leap Surabaya



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

m i n d p o w e r 🍂

Milenial dalam Kewirausahaan Digital

is it okay to be failed?